pertanian

Zaman Mesopotamia yang merupakan awal perkembangan kebudayaan, merupakan zaman yang turut menentukan sistem pertanian kuno. Perekonomian kota yang pertama berkembang di sana dilandaskan pada teknologi pertanian yang berkiblat pada kuil-kuil, imam, lumbung, dan juru tulis-juru tulis.
Tulang punggung pertanian terdiri dari tanaman-tanaman yang sekarang masih penting untuk persediaan pangan dunia: gandum dan barlai, kurma dan ara, zaitum dan anggur. Kebudayaan kuni dari Mesopotamia - Sumeria, Babilonia, Asiria, Cahldea - mengembangkan pertanian yang bertambah kompleks dan terintegrasi. Reruntuhan menunjukkan sisa teras-teras, taman-taman dan kebun-kebun yang beririgasi. Emapt ribu tahun yang lalu saluran irigasi dari bata dengan sambungan beraspal membantu areal seluas 10.000 mil persegi tetap ditanami untuk memberi pangan 15 juta jiwa. Pada tahun 700 SM sudah dikenal 900 tanaman.
Pertanian di negara-negara maju yang kita lihat saat ini tidak bisa lepas dari peran kejayaan Mesopotamia di masa lampau tanaman seperti durum (hard wheat) dan Semolina (bahan baku spageti) berasal dari timur tengah yang dibawa oleh

Senin, 20 September 2010

MUDA MENANAM TUA BAHAGIA

Dunia pertanian adalah dunia yang paling luas cakupannya,sumber kehidupan datang dari pertanian, seandainya pertanian tidak bergerak sama sekali akan mengakibatkan masalah yang besar,mulai dari kelaparan,penyakit,hancurnya sistem sosial yang diakibatkan manusia memerlukan makanan tetapi tidak mencukupi untuk semua,dimulai dari sini manusia akan saling berebut demi mendapatkannya,sedangkan manusia yang sudah tidak menggunakan hati dan otaknya maka akan timbul kerusakan yang melebihi hewan yang jahat sekali pun.
dari sini kita punya gambaran sedikit tentang dunia pertanian itu sendiri dan sangat pentingnya pertanian,akan tetapi kebanyakan dari kita tidak menyadari akan pentingnya dunia pertanian,yg lebih miris lagi dunia pertanian dianggap sangat remeh oleh kebanyakan orang.
disinilah peran pemuda saat ini,kita harus mengembalikan kejayaan pertanian,apalagi diindonesia yang sebagian besar lahan digunakan untuk pertanian,jadi untuk mengembangkan pertanian itu lebih mudah diindonesia.
jadi sebagai generasi muda yang berkemajuan kita harus berusaha sebaik munkin untuk mengembangkan dunia pertanian pada saat ini.untuk mengambarkan betapa pentingnya pertanian dengan kita berfikir bila
setahun penuh para petani seluruh dunia ini tidak mau bertani apakah yang akan terjadi?????????
masih bisakah kita bertahan hidup?????




1 komentar: